Prosedur Cara Cek In Hotel di Indonesia

Prosedur Cara Cek In Hotel di Indonesia - Kehadiran berbagai jenis hotel mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang benar-benar menunjang mobilitas seseorang yang tengah bepergian apakah itu untuk kepentingan bisnis atau hanya berlibur. Yang membedakan dengan apartemen adalah hotel mempunyai layanan pendukung yakni service. Dengan begitu tarif yang dikenakan pun akan lebih mahal. Pertumbuhan perekonomian di Indonesia menarik minat pengusaha hotel untuk membangun jaringan hotel mereka di sejumlah lokasi strategis. Malah sekarang ini di pedesaan pun berdiri hotel kelas melati.
Prosedur Cara Cek In Hotel di Indonesia,

Termasuk tahapan penting yang wajib dilakukan ketika akan bermalam di hotel yakni check in. Check in adalah proses mencatatkan diri untuk menyewa sementara kamar hotel. Sedangkan itu bila anda hendak menghentikan menyewa kamar hotel maka mesti melewati proses yang dinamakan check out. Cara cek in hotel mungkin berbeda antara satu hotel dengan lainnya namun secara umum tata caranya adalah sebagai berikut :

1. Memasuki lobi hotel
Begitu anda selesai memarkirkan mobil anda di lokasi parkir yang disediakan pihak hotel, maka anda harus melewati lobi utama hotel terlebih dulu. Di sana anda akan mendapati meja resepsionis dengan beberapa orang pegawai yang yang mengurusi masalah reservasi para tamu hotel. Sejumlah hotel kenamaan bahkan sudah memberikan semacam papan atau tulisan penunjuk arah sehingga mempermudah para tamu untuk menemukannya.

2. Bila anda sudah melakukan booking terlebih dulu
Untuk anda yang sudah membooking hotel terlebih dulu, katakan saja kepada pegawai di meja resepsionis. Tetapi kalau tidak, silahkan menanyakan ketersediaan kamar kosong yang dapat anda sewa. Jika memang masih tersedia maka pegawai hotel akan memberikan penjelasan tentang beberapa pilihan kamar hotel lengkap dengan harga dan fasilitasnya. Begitu anda telah memilih tipe kamar yang hendak ditempati berikutnya anda akan diberikan lembar isian check in. Lengkapi form tersebut secara lengkap. Anda boleh bertanya ke pegawai resepsionis bila ada poin yang tak begitu dipahami. Selanjutnya berikan formulir tadi beserta kartu identitas diri anda seperti KTP atau SIM kepada pegawai hotel. Sedangkan untuk masalah pembayaran, umumnya hotel di Indonesia memberlakukan pembayaran saat tamu yang menginap akan check-out. Akan tetapi ada juga beberapa hotel yang memakai metode pembayaran penuh atau uang muka ketika anda check in.

3. Memasuki kamar hotel
Begitu prosedur check in selesai dilakukan, pegawai resepsionis hotel akan menyodorkan kunci kamar pilihan anda. Untuk sejumlah hotel disediakan juga layanan room boy yang memiliki tugas mengantar sekaligus membawakan barang yang anda bawa. Sementara bila tanpa layanan room boy ini, anda tidak usah malu untuk bertanya kepada pegawai reservasi tentang jalan ke kamar hotel pesanan anda.